Minggu, 03 Januari 2016

Sosialisasi: Pengertian Sosialisasi




 SOSIALISASI

1. Pengertian
Sosialisasi adalah proses yang dialami individu dari masyarakat mencakup kebiasaan, sikap, norma, nilai-nilai, pengetahuan, harapan, keterampilan yang dalam proses tersebut ada kontrol sosial yang kompleks sehingga anak terbentuk menjadi individu sosial dan dapat berperan sesuai dengan yang diharapkan masyarakat.
a.      Charlotte Buhler
Sosialisasi adalah proses pembentukan individu untuk belajar dan menyesuaikan diri bagaimana cara hidup dan berpikir kelompoknya agar ia dapat berperan dan berfungsi dalam kelompok tersebut.
b.      Peter L. Berger
Sosialisasi adalah proses seorang anak belajar menjadi seorang anggota yang berpartisipasi dalam masyarakat.
c.       Bruce J. Cohen
Sosialisasi adalah proses manusia mempelajari tata cara kehidupan masyarakat untuk memperoleh kepribadian dan membangun kapasitasnya agar berfungsi dengan baik sebagai individu maupun sebagai anggota suatu kelompok.
Sosialisasi sebagai proses social menpunyai tujuan untuk:
a.       Memberikan ketrampilan dan pengetahuan yang dibutuhkan untuk melangsungkan kehidupan seseorang kelak di tengah-tengah masyarakat tempat dia menjadi anggotanya.
b.      Menambah kemampuan berkomunikasi secara efektif dan efisien serta mengembangkan kemampuannya untuk membaca, menulis, dan bercerita.
c.       Membantu pengembalian fungsi-fungsi organic yang dipelajari melalui latihan-latihan mawas diri yang tepat.
d.      Membiasakan individu dan nilai-nilai kepercayaan pokok yang ada pada masyarakat.
           

Tidak ada komentar:

Posting Komentar