Minggu, 03 Januari 2016

kepribadian dan Kebudayaan



KEPRIBADIAN DAN KEBUDAYAAN
  1. Kebudayaan
Koentjaraningrat menyebutkan bahwa kebudayaan berasal dari kata sansekerta  buddhayah yang merupakan bentuk jamak dari buddhi, yang berarti budi atau akal. Sedangkan kata culture yang merupakan kata asing dari kebudayaan berasal dari kata latin colere yang berarti mengolah, mengerjakan terutama mengolah tanah atau bertani. Dari pengertian ini berkembanglah kata culture yang artinya segala upaya serta tindakan manusia untuk mengolah tanah dan mengubah alam.
a.       Wujud kebudayaan
1.      Gagasan
Merupakan wujud ideal kebudayaan yang berupa ide-ide, nilai-nilai, norma peraturan dan sebagainya yang sifatnya abstrak tidak dapat diraba atau disentuh. Wujud kebudayaan ini berada dikepala atau dialam pikiran masayarakat.
2.      Aktifitas
Merupakan wujud kebudayaan sebagai suatu tidakan berpola dari manusia dalam masyarakat itu, yang kedua sering disebut system sosial.
3.      Artefak
Merupakan wujud kebudayaan fisik yang berupa dari katifitas, perbuatan dan karya semua manusia dalam masyarakat. Wujud artefak dapat berupa benda atau apa yang bisa diraba, dilihat dan didokumentasikan.
b.      Unsur kebudayaan
Koentrajaningrat, dengan mengacur pada pendapat kluckhohn, mengelola unsur-unsur pokok yang ada pada tiap kebudayaan dunia sebagai berikut.
1.      Bahasa
2.      System pengetahuan
3.      Organisasi sosial
4.      Sisitem peralatan hidup dan teknologi
5.      System mata pencaharian hidup
6.      System religi
7.      Kesenian
c.       Komponen kebudayaan
1.      Kebudayaa matrial
Mengacu kepada semua ciptaan masayrakat termasuk dalam kebudayaan material adalah temuan-temuan yang dihasilkan dari suatu penggalian temuan arkiolog.
2.      Kebudayaan non material
Ciptaan-ciptaan abstrak yang diwariskan dari generasi ke generasi dalam amsyarakat.
2. Kebudayaan dan Pengaruhnya Tehadap Kepbribadian
    1. Kebudayaan dan kebribadian
Kebudayaan tidak bisa lepas dari kepbribadian individu melalui suatu proses belajar yang panjang. Dalam proses belajar yang disebut sosialisasi itu kepbribadian atau watak individu pasti mempunai pengaruh terhadap perkembangan kebudayaan secara keseluruhan. Sebaliknya kebudayaan suatu masyarakat turut memberikan sumbangan kepada pembentukan kebribadian seseorang.
    1. Perkembangan Watak
Kepribadian ada yang selaras dan ada yang tidak selaras dengan lingkungan alam semesta. Kepbribadian juga sangat ditentukan oleh cara-cara yang diajarkan sesuai kebudayaan. Kepribadian mengacu pada ciri khas dan sikap yang mewakili sikap atau tabiat seseorang. Termasuk ke dalam konsep kepribadian adalah pola-pola pemikiran, perasaan, konsep diri, dan segala kebiasaan. Idnidivu dan perilakunya disesuaikan dnegan masyarakat dan kebudayaan.
    1. Kebudayaan dan Watak Kebudayaan
Pada tiap masyarakat terdapat pola kebudayaan sendiri yang tidak dimiliki masyarakat lainnya. Dari sini akan muncul kebribadian dan karakteristik masyarakat yang disebut kepbribadian umum. Selain itu setiap masyarakat memiliki kebribadian dasar karena individu anggota masyarakat mendapat pengaruh lingkungan kebudayaan setempat yang sama selama masa perkembangannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar