Minggu, 03 Januari 2016

Kepribadian



KEPRIBADIAN
M.A.W. Brower
Kepribadian adalah corak tingkah laku sosial yang meliputi corak kekuatan, dorongan, keinginan, opini, dan sikap-sikap seseorang.
Theodero M. Newcomb
Keberibadian adalah keseluruhan perilaku seorang individu dengan system kecenderungan tertentu yang berunteraksi dengan serangkaian situasi.
J. Milton Yinger
Kepribadian adalah keseluruhan perilaku dari seorang individu dengan system kevenderungan tertentu yang berinteraksi dengan serangkaian situasi.
  1. Susunan Kepribadian
Pola-pola perilaku setiap manusia secara individual sebenarnya unik dan berbeda satu sama lainnya. Perilaku manusia ditentukan oleh naluri dorongan-dorongan, reflek-reflek, atau kelakuan manusia yang tidak lagi dipengaruhi dan ditentukan oleh akal, dan jiwanya seperti tindakan yang membabi buta.
            Unsur-unsur akal dan jiwa yang menentukan perbedaan perilaku tiap-tiap individu itu disebut juga susunan kepribadian, yang meliputi hal-hal dibawah ini.
a.       Pengetahuan
Pengetahuan individu terisi dengan fantasi pemahaman dan konsep yang lain dari pengamatan dan pengalaman mengenai bermacam-macam hal yang berbeda dalam lingkungan individu tersebut.semua itu direkam dalam otak dan sedikit demi sedikit diungkapkan oleh individu dalam bentuk perilaku.
b.      Perasaan
Perasaan adalah suatu keadaan dalam kesadaran manusia yang menghasilkan penilaian positif atau negative terhadap sesuatu.perasaan selalu bersifat subyekif yang bisa jadi berbeda dengan penilaian orang lain.
c.        Dorongan naluri
Adalah ekmauan yang sudah merupakan anluri pada setiap manusia, setidaknya ada tuju macam dorongan, yaitu dorongan untuk mempertahankan hidup, dorongan seksual, dorongan mencari makan,  dorongan bergaul dan berinteraksi, dorongan meniru tingkah laku, dorongan berbakti, dorongan akan keindahan.

  1. Faktor-faktor pembentuk kepribadian
a.       Faktor biologis
Perasaan biologis membantu menjelaskan beberapa persamaan dalam kebribadian dan perilaku semua orang yang bersifat unik. Hal lain yang memperngaruhi kepbribadian seseorang adalah kematangan biologis.
      Tidak semua faktor karakteristik fisik menggambarkan kepbribadian seseorang missal orang gemuk adalah orang periang, namun harus diakui pula bahwa karakteristik fisik dapat menjadi faktor menentu dalam perkembangan kepbribadian sesuai bagaimana ia mendefinisikan dan diperlakukan dalam masyarakat dan oleh kelompok acuan.
b.      Faktor geografis
Lingkungan fisik atau lingkungangeografis sangat mempengaruhi perkembangan kebribadian seseorang namun banyak para ahli ssiologi tidak menganggap hal ini sebagai faktor yang cukup penting dibandingkan dengan unsur-unsur lainnya.
c.       Faktor kebudayaan kusus
Perbedaan kebudayaan dalam setiap masyarakat dapat mempengaruhi kebudayaan seseorang misalnya kebudayaan petani dan kebudayaan kota yang berbeda yang menggambarkan karakteristik kebribadain umum dari masyarakat tersebut, namun tidak berarti bahwa semua anggota termasuk di dalam nya, hendaknya kita ingat bahwa kebribadian umum merupakan serangkaian kebribadian yang dimiliki oleh sebagaian besar kelompok bersangkutan.
d.      Faktor pengalaman kelompok
1.      Kelompok acuan (refren)
Sepanjang hidup seseorang kelompok-kelompok tertentu dijadikan model yang penting bagi gagasan atau norma-norma perilaku, contohnya keluarga, pembentukan kebribadian seseorang snagat ditentukan oleh pola hubungan keluarga di tahun-tahun pertama. Selanjutnya peran kelompok reflen lain seperti teman sepermainan akan ikut mengembangkan kebribadian seseorang tersebut.
2.      Kelompok majemuk
Kelompok majemuk menunjuk pada kenyataan masyarakat yang beraneka ragam. Bermacam-macam kelompok ini memiliki pandangan yang berbeda tentang nilai dan norma dalam masayarakat. Suatu norma dianggap penting oleh sekelompok masayrakat namun juga tidak dianggap tidak penting oleh suatu kelompok masyarakat. Dalam keadaan seperti ini seseorang hendaknya berusaha dengan keras mempertahankan haknya untuk menentukan sendiri apa yang dianggapnya baik dan bermanfaat sehingga tidak hanyut dalam arus perbedaan dalam kelompok majemuk temapatnya berada.
e.       Faktor prngalaman unik
Pada lingkungan keluarga yang sama tidak ada individu yang memiliki kebribadian yang sama, karena meskipun berada dalam suatu keluarga tidak mendapatkan pengalaman yang sama.
      Menurut Paul B. Horton kepribadian tidak dibangun dengan menyusun peristiwa diatas peristiwa lainnya. Arti dan pengaruh suatu pengalaman bergantung pada pengaaman yang mendahuluinya. Kebribadain berbeda-beda antara satu dengan lainnya karena pengalaman yang dialami seseorang itu untuk dan tidak ada satu orang pun yang menyamainya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar