Minggu, 03 Januari 2016

Sosialisasi: Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Sosialisasi



Faktor-faktor yang Mempengaruhi Sosialisasi

Proses sosialisasi tidak pernah berhasil secara lengkap sehingga pengaturan kebutuhan individu seluruhnya disesuaikan dengan persyaratan peran dan orientasi nilai masyarakat itu sendiri. Faktor-faktor yang memengaruhi keberhasilan suatu proses sosialisasi adalah sebagai berikut.

a.       Kematangan Fisik Seseorang
Sebagai suatu proses, sosialisasi sangat memerlukan kematangan fisik individu. Kematang fisik ini berkaitan erat dengan usia seseorang. Kematangan fisik terutama diperlukan untuk mensosialisasikan cara-cara berbahasa dan melakukan beberaoa keterampilan dasar. Seorang individu mengalami periode masa kecil yang cukup lama, periode ketika itu belum mandiri dan tingkat ketergantungannya pada orang lain sangat tinggi.
b.      Lingkunagn atau Sarana Sosialisasi
Lingkungan atau sarana sosialisasi ini antara lain adalah sebagai berikut.
1)      Interaksi dengan sesama
Hal ini diperlukan untuk pertumbuhan kecerdasan dan emosional, serta untuk mempelajari pola-pola kebudayaan dan cara berpartisipasi dalam masyarakat.
2)      Bahasa
Bahasa merupakan produk kebudayaan manusia yang sangat penting karena berisi symbol dan dipergunakan untuk memahami symbol-simbol kebudayaan lainnya.
3)      Kasih sayang
Kasih sayang menciptakan lingkungan sosial yang kondusif bagi proses sosial, ketika individu dan kelompok saling memperhatikan, saling memberi, dan saling melindungi. Kasih sayang diperlukan bagi kesehatan mental dan fisik seseorang.
c.       Keinginan yang Kuat
Menurut D.C. McClelland (1963), faktor terpenting dalam proses sosialisasi adalah keinginan untuk mrlakukan sesuatu dengan baik, kepuasan untuk mencapai prestasi pribadi, atau kebutuhan akan presensi. Bagi seorang siswa, memperoleh nilai bagus dalam tugas dan ujian merupakan hal yang sangat penting. Jika menyadari pentingnya nilai bagus, seorang siswa cenderung akan berusaha untuk belajar lebih rajin dank eras lagi agar selalu mendapatkan nilai yang bagus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar